Program pembelajaran elearning Pendidikan Matematika

Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika memberikan bekal kepada mahasiswa untuk melaksanakan asesmen, pengukuran dan evaluasi pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan khususnya dalam pembelajaran matematika di sekolah yang mengacu kepada Kurikulum Tahun 2013. Materinya meliputi: kajian teori yang berkaitan dengan menyusun instrumen, membuat kisi-kisi, menyusun instrumen, menguji kelayakan instrumen, menganalisis dan mendeskripsikan hasil uji kelayakan, dan mengimplementasikannya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dipersiapkan pula menyusun instrumen penelitian untuk tugas akhir/tesis yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai pengembangan penelitian pendidikan yang bermutu dimulai dari persepektif metodologi penelitian, isu-isu penelitian pendidikan matematika, macam-macam penelitian pendidikan, metode penelitian, analisis data penelitian, dan penyusunan proposal penelitian

Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah bagi Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika di Semester 3 Tahun Akademik 2019/2020.
Perkuliahan ini menekankan kepada penggunaan teknologi tepat guna oleh mahasiswa dalam pembelajaran matematika.

Analisis real merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang membahas mengenai himpunan bilangan riil dan fungsi-fungsi dalam bilangan riil. Analisis riil dapat dianggap sebagai kalkulus yang mendalam, sebab didalam materinya membahas lebih dalam mengenai konsep barisan dan limit, kekontinuan, turunan, integral, dan barisan dari fungsi-fungsi. Adapun materi - materi yang akan disampaikan pada matakuliah ini adalah: induksi matematika, sifat - sifat aljabar dari R, sifat - sifat terurut dari R, nilai mutlak, supremum dan infimum, interval, barisan dan limit, teorema - teorema limit, barisan monoton, sub barisan dan teorema bolzano weiestrass, kriteria cauchy, barisan divergen, dan barisan tak berhingga (infinit). Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu untuk membuktikan secara deduksi maupun induksi, melatih penalaran, berpikir struktur dan raional deduktif pada teorema - teorema dan aplikasinya.