SUMMARY

Virtual Class Universitas Siliwangi adalah versi terbaru dari Elearning Universitas Siliwangi, salah satu keunggulan yang terdapat pada vclass adalah hadirnya fitur teleconference yaitu ZOOM dan BigBlueButton.

    Available courses

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai Definisi Ekonomi Rekayasa/Teknik, definisi proyek, tahahan studi kelayakan proyek. Untuk itu mahasiswa dibekali dengan tahapan peleksananan proyek, mulai desk studi, feasibility studi dan penekanannya dalam ekonomi analisis dengan berbagai metode.

    Mata kuliah analisis struktur dengan matriks membahas teori matriks, sistem persamaan simultan linier, pemodelan sistem struktur, metode fleksibilitas dan kekakuan serta perakitan dan penyimpanan matriks kekakuan struktur


    Dasar-Dasar Pemetaan adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan, prinsip-prinsip dasar serta aplikasi ilmu ukur tanah (pengukuran), topografi, peta dasar, peta tematik, menghitung perubahan koordinat, menentukan arah dan posisi serta luas daerah untuk keperluan pengukuran di bidang teknik sipil.

    Statistika dan Probabilitas membahas aplikasi Statistika di Bidang Teknik Sipil baik bidang keairan, Transportasi, Pengujian Beton dll

    Manajemen Konstruksi adalah ilmu yang mempelajari tentang manajemen dan konstruksi. Manajemen adalah seni untuk mengatur atau mendayagunakan sumber-sumber daya yang dimiliki antara lain : man, money, material dan method dikenal 4 M untuk mencapai tujuan pembangunan, rehabilitasi dan pembangunan kembali yang berwujud fisik. Tujuannya yang akan dicapai harus menenuhi value for money sehingga tepat biaya, tepat mutu, tepat waktu, tepat lokasi dan tepat penyedia yang melaksanakannya.

    Mata Kuliah ini merupakan MK Dasar Kependidikan program S1 Kependidikan. Tujuan MK ini adalah meningkatkan wawasan mahasiswa tentang konsep, fungsi, jenis-jenis landasan pendidikan, serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka studi dan praktek pendidikan di sekolah ataupun luar sekolah.

    Mata kuliah ini mencakup wawasan dasar pengelolaan pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan hingga sistem informasi pendidikan. Dalam mata kuliah ini juga mengkaji mengenai pengelolaan kurikulum, peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, biaya pendidikan, fasilitas pendidikan hingga pengelolaan kelas. 

    Mata kuliah ini adalah salah satu Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKKU) wajib yang berorientasi pada penguasaan bidang studi fisika, khususnya fisika sekolah. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi pembelajaran fisika di sekolah berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang relevan dengan tuntutan Standar Isi, mendiagnosa kesalahan konsep, sekaligus mampu merancang pembelajaran saintifik yang relevan dengan tuntutan Kurikulum 2013 dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan penguatan literasi dalam pembelajaran di sekolah. Pada perkuliahan ini dibahas struktur materi, keluasan, dan kedalaman materi, konsep essensial, dan urutan penyampaian materi fisika di sekolah sesuai dengan KI dan KD mata pelajaran fisika di kelas X.

    Mata Kuliah ini merupakan MK wajib konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat. Tujuan MK ini adalah mahasiswa mampu memahami konsep evaluasi pemberdayaan masyarakat, mampu mendesain, menganalisis data hasil evaluasi dan menyusun laporan hasil evaluasi program pemberdayaan masyarakat.

    Mata Kuliah Konsep Dasar Penmas ini adalah Materi dasar tentang pengertian, falsafah, teori dan lain sebagai nya tentang Pendidikan Luar Sekolah, pendidikan nonformal dan informal dan pendidikan masyarakat yang  merupakan landasan dasar keilmuan dan wajib diikuti oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat.

    Mata Kuliah Manajemen Transportasi merupakan salah satu mata kuliah pilihan, yang diangkat sesuai dengan variabel yang berkaitan dengan mata kuliah Geografi Desa Kota, Geografi Penduduk, Geografi Pembangunan, dan Geografi Wilayah. 

    Mata Kuliah Metode Penelitian merupakan mata kuliah yang meletakkan dasar dasar penelitian ilmiah yang akan dilakukan oleh seorang mahasiswa, terutama dalam rangka penyelesaian studi. Mata kuliah ini memberikan wawasan ilmiah tentang penelitian, perumusan masalah, metode penelitian ilmiah, bagaimana mendeskripsikan dan menganalisis suatu penelitian ilmiah.

    Mata kuliah ini berisi kajian tentang lingkup antropologi, hakikat manusia sebagai makhluk Tuhan, makhluk sosial dan makhluk budaya yang keberadaannya beragam, mengalami perubahan, saling mempengaruhi dengan lingkungan fisik.

    "Planning is primarily a way of thinking about social and economic problems, planning is oriented predominantly toward the future, is deeply concerned with the relation of goals to collective decisions and strives for comprehensiveness in policy and program.”

    Adapun dalam Mata Kuliah Perencanaan Wilayah bertujuan untuk:

    • Mengetahui dan menganalisis kondisi saat ini,
    • Meramalkan perkembangan berbagai faktor noncontrollable yang relevan,
    • Memperkirakan faktor pembatas, menetapkan tujuan dan sasaran yang diperkirakan dapat dicapai,
    • Menetapkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut,
    • Menetapkan lokasi dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

    Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

    Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dan lainnya 

    Ekonomi mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagianbagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilaku konsumen, perilaku produsen, harga, dll

    Matakuliah ini mempelajari tentang konsep ekonomi pertanian, ekonomi pertanian Indonesia, persoalan-persoalan ekonomi pertanian,faktor kelembagaan dalam ekonomi pertanian, prinsip-prinsip ekonomi dalam usahatani, modal, tanah dan tenaga kerja dalam produksi pertanian, permintaan dan penawaran terhadap hasil-hasil produksi pertanian, tata niaga pertanian, pasar dan kebijaksanaan tataniaga, peranan pemerintah dalam pembangunan pertanian.

    Virtual Class PEP merupakan fasilitas pembelajaran daring bagi peserta mata kuliah ini sebagai pelengkap dan atau pengganti kegiatan tatap muka di kelas, peserta mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri (baik secara individu maupun berkelompok) secara daring yang difasilitasi oleh dosen. Aktivitas pembelajaran daring yang dimaksud meliputi antara lain:

    • Mengunduh dan mempelajari bahan ajar secara mandiri sebelum tatap muka dilaksanakan
    • Diskusi dalam forum daring
    • Mengerjakan Quiz secara daring
    • Mengunggah tugas dan atau praktikum



    Matakuliah ini membahas secara komprehensif mengenai konsep-konsep penting Ilmu Ekonomi Makro pada tingkatan lanjut (intermediate); memecahkan masalah/problem ekonomi makro, memahami kebijakan pemerintah yang diterapkan dalam perekonomian, khususnya kebijakan ekonomi makro; memahami posisi ekonomi makro dalam kerangka ekonomi syariah (ekonomi normatif).


    Manajemen Risiko dan Asuransi membahas mengenai Ruang Lingkup Manajemen Risiko dan Asuransi, Pengertian Risiko, Manajemen Risiko, Fungsi Manajemen Risiko, Prinsip-prinsip Pengidentifikasian Risiko, Daftar Kerugian Potensial, Prinsip-prinsip Pengukuran Risiko, dan Penanggulangan Risiko. Asuransi: Dampak Asuransi Terhadap Kehitupan Sosial Ekonomi, Beberapa Prinsip Dasar Dalam Asuransi, Pengelolaan Bisnis Asuransi, Premi Asuransi, Asuransi Terhadap Kerugian Tidak Langsung, Asuransi Kebakaran, Asuransi Kendaraan Bermotor, dan Asuransi Transportasi.


    Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang manajemen keuangan yang berfokus pada penggunaan dana untuk investasi jangka pendek, dan juga memberikan pemahaman mengenai konsep time value of money dalam penilaian kelayakan investasi.


    Akuntansi Biaya  membahas konsep, pemanfaatan, dan perekayasaan informasi biaya untuk penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Membahas metode pengumpulan biaya produksi bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik untuk menentukan harga pokok pesanan dan metode harga pokok proses. Matakuliah ini berusaha menghubungkan dengan matakuliah lain seperti Dasar-dasar Akuntansi, Manajemen Biaya, dan Akuntansi Manajemen.


    Teori Portfolio dan Analisis Investasi  membahas mengenai manajemen portfolio khususnya investasi dalam aktiva keuangan (financial assets), yang terdiri dari pengertian investasi, pengertian dan instrumen pasar modal, gambaran umum pasar modal di Indonesia, konsep penting dalam investasi, return yang diharapkan dan risiko portfolio, penilaian obligasi, strategi investasi obligasi, penilaian saham, strategi portfolio saham, efisiensi pasar, analisis sekuritas, sekuritas derivatif, pemilihan portfolio, model-model keseimbangan, dan evaluasi kinerja portfolio


    Mata kuliah ini merupakan salah satu kajian peminatan dari Program Studi Ekonomi Syariah. Dalam matakuliah ini membahas hokum zakat di Indonesia, regulasi zakat di Indonesia, hukum wakaf, dan regulasi wakaf di Indonesia

    Mata Kuliah Geografi Penduduk dalam Pembangunan merupakan mata kuliah yang menggabungkan aspek penduduk dalam aktivitas pembangunan. Aspek Penduduk memiliki variabel utama yaitu variabel utama kependudukan, pergerakan penduduk, dinamika data penduduk. Aspek Pembangunan merupakan aspek aktivitas penduduk dalam ruang di permukaan bumi, yang menunjukkan bahwa penduduk merupakan aspek dominan dalam kegiatan pembangunan dalam suatu wilayah. 

    Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pendidikan, mengkaji tentang pemanfaatan SIG untuk bidang pendidikan. Sesuai dengan kompetensinya mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah data spasial terkait dengan bidang pendidikan, seperti analisis kualitas pendidikan, analisis sebaran lembaga pendidikan dan analisis pengelolaan pendidikan lainnya, untuk kemajuan dan perkembangan pendidikan. Melalui proses perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuannya tentang SIG untuk dapat diaplikasikan dalam bidang pendidikan guna berkontribusi dalam peningkatan bidang pendidikan dan pengajaran geografi untuk berkehidupan, bermasyarakat dan kemajuan peradaban manusia.

    Mata kuliah Kepemimpinan Bisnis memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang definisi, ruang lingkup dan teori kepemimpinan, berperilaku sebagai pemimpin bisnis, pembentuk kepemimpinan, motivasi dalam kepemimpinan, pengenalan diri, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, nilai-nilai universal kepemimpinan bisnis dan pemimpin bisnis yang kreatif.

    Analisis Investasi  dan Manajemen Risiko membahas mengenai analisis investasi  khususnya investasi dalam aktiva keuangan (financial assets), yang terdiri dari pengertian investasi, pengertian manajemen risiko, pengertian dan instrumen pasar modal, gambaran umum pasar modal di Indonesia, konsep penting dalam investasi, return yang diharapkan dan risiko portfolio, penilaian obligasi, strategi investasi obligasi, penilaian saham, strategi portfolio saham, efisiensi pasar, analisis sekuritas, sekuritas derivatif, pemilihan portfolio, model-model keseimbangan, dan evaluasi kinerja portfolio


    Nature of Human Resource Management

    • Human Resource (HR) Management

    The design of formal systems in an organization to ensure effective and efficient use of human talent to accomplish organizational goals.

    • Who Is an HR Manager?

    In the course carrying out their duties, every operating manager is, in essence, an HR manager.

    HR specialists design processes and systems that operating managers help implement.


    Mata kuliah ini membahas Pengertian MSDM, Tujuan-tujuan MSDM, Fungsi-fungsi MSDM, Analisis dan Desain Jabatan, perencanaan SDM, Rekrutmen, Seleksi, Orientasi dan Penempatan, Pelatihan dan Pengembangan, Perencanaan Karir, Penilaian Kinerja, Kompensasi Finansial Langsung, Tunjangan dan Imbalan Nonfinansial, Tunjangan dan Imbalan Nonfinansial, Serikat Pekerja dan Hubungan Industrial, serta Audit SDM.

    Sistem Informasi Manajemen membahas mengenai: Komputer sebagai sistem informasi organisasi, Motodologi sistem, Komputer sebagai peralatan pemecahan masalah, Sistem informasi berbasis komputer, dan Sistem informasi organisasi.


    Memberikan pengetahuan mengenai bisnis internasional dalam arti yang luas dan perdagangan international yang bersifat spesifik. Perdagangan international lebih memfokuskan pada kegiatan ekspor dan impor.  Matakuliah juga membahas sistem moneter internasioanl dan sistem pembayaran yang digunakan untuk transaksi ekspor impor. Selain itu juga membahas riset dan analsiis kinerja pada perdagangan international. 

    Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasannya terkait kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat khususnya bidang bioteknologi pertanian untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia serta peduli pada keamanan lingkungan dalam abad ke-21.  Materi yang dibahas dalam kuliah Pengantar Bioteknologi Pertanian meliputi Sejarah Singkat dan Pengertian Dasar, Struktur dan Komponen Sel, Struktur dan Organisasi Bahan Genetik, Replikasi DNA dan Ekspresi Genetik, Teknologi DNA Rekombinan, Bioteknologi Pupuk Hayati, Teknik Kultur In-Vitro Tanaman, Rekayasa Genetik pada Tanaman Tingkat Tinggi, dan Bioteknologi Perlindungan Tanaman.

    Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika memberikan bekal kepada mahasiswa untuk melaksanakan asesmen, pengukuran dan evaluasi pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan khususnya dalam pembelajaran matematika di sekolah yang mengacu kepada Kurikulum Tahun 2013. Materinya meliputi: kajian teori yang berkaitan dengan menyusun instrumen, membuat kisi-kisi, menyusun instrumen, menguji kelayakan instrumen, menganalisis dan mendeskripsikan hasil uji kelayakan, dan mengimplementasikannya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dipersiapkan pula menyusun instrumen penelitian untuk tugas akhir/tesis yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

    Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai pengembangan penelitian pendidikan yang bermutu dimulai dari persepektif metodologi penelitian, isu-isu penelitian pendidikan matematika, macam-macam penelitian pendidikan, metode penelitian, analisis data penelitian, dan penyusunan proposal penelitian

    Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah bagi Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika di Semester 3 Tahun Akademik 2019/2020.
    Perkuliahan ini menekankan kepada penggunaan teknologi tepat guna oleh mahasiswa dalam pembelajaran matematika.

    Analisis real merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang membahas mengenai himpunan bilangan riil dan fungsi-fungsi dalam bilangan riil. Analisis riil dapat dianggap sebagai kalkulus yang mendalam, sebab didalam materinya membahas lebih dalam mengenai konsep barisan dan limit, kekontinuan, turunan, integral, dan barisan dari fungsi-fungsi. Adapun materi - materi yang akan disampaikan pada matakuliah ini adalah: induksi matematika, sifat - sifat aljabar dari R, sifat - sifat terurut dari R, nilai mutlak, supremum dan infimum, interval, barisan dan limit, teorema - teorema limit, barisan monoton, sub barisan dan teorema bolzano weiestrass, kriteria cauchy, barisan divergen, dan barisan tak berhingga (infinit). Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu untuk membuktikan secara deduksi maupun induksi, melatih penalaran, berpikir struktur dan raional deduktif pada teorema - teorema dan aplikasinya.

    Mata kuliah ini mempelajari mengenai seni dan keterampilan mengolah bahan makanan yang dimulai dari memilih bahan makanan, mempersiapkan bahan makanan, memasak bahan makanan yang telah dipersiapkan dan menyajikan makanan serta kandungan gizi untuk masakan Indonesia.