6 Courses
20202
Aplikasi komputer adalah matakuliah yang membekali mahasiswa untuk bisa menggunakan perangkat lunak dalam membantu proses pembelajaran dan penelitian. Materi perkuliahan meliputi software microsoft excel untuk animasi, swishmax, spss, google science journal. Perkuliahan ini disampaikan melalui metode tanya jawab, diskusi, dan praktikum serta kelas berbantuan learning management system (LMS). Penilaian melalui penilaian unjuk kerja
20202
Fisika Lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek
fisis dan matematis yang berhubungan dengan konsep-konsep mengenai teori
lingkungan termasuk sistem ekologi dan dampak pencemaran terhadap keseimbangan
lingkungan yang di akibatkan oleh alam maupun perbuatan manusia. Setelah
mengikuti matakuliah fisika lingkungan, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman
yang komprehensif mengenai fenomena lingkungan ditinjau dari konsep dan hukum
fisika serta memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan. Materi perkuliahan meliputi lingkungan manusia,
polusi suara, atmosfer dan radiasi, air, angin, fisika tanah, dan energi untuk
kehidupan. Perkuliahan ini disampaikan melalui metode ceramah, tanya jawab,
diskusi, dan simulasi. Penilaian melalui tes dan non tes.
20202
Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKKU). Kompetensi yang diharapkan adalah mahasiswa dapat memiliki pemahaman terhadap hubungan antara prilaku sistem partikel penyusun suatu zat secara mikroskopik dengan akibat yang ditimbulkannya pada skala makroskopik, serta memiliki kemampuan dalam menelaah sifat-sifat zat tersebut. Prasyarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti perkuliahan ini adalah mahasiswa harus sudah mengikuti matakuliah Matfis I, II, Fisika Modern, Mekanika dan Termodinamika. Materi perkuliahan meliputi: karakteristik sistem makroskopik, konsep dasar probabilitas, deskripsi statistik sistem partikel, interaksi termal, statistik Maxwell-Boltzmann, Bose-Einstein, Fermi-Dirac dan aplikasinya.
20202
Laboratorium Fisika Sekolah I merupakan mata kuliah
wajib dan menjadi dasar dari aspek pemahaman pedagogis materi ajar fisika di
sekolah, yang membekali mahasiswa tentang pengembangan Laboratorium Fisika di
Sekolah. Komponen Laboratorium dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu:
kelompok pengelola sebagai sumber daya manusia, dan kelompok yang dikelola
diantaranya; bangunan, fasilitas, alat-alat dan bahan habis pakai di
Laboratorium. Dalam perkulian ini dibahas bagaimana pelaksanaan dalam
pengadministrasian, perawatan, pengamanan, perencanaan untuk pengembangan
Laboratorium secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuannya, yang
berorientasi pada faktor-faktor keselamatan yang terlibat di dalam Laboratorium
dan lingkungannya. Perkuliahan ini juga membahas kondisi Laboratorium Fisika
yang ada di sekolah sekarang, beserta alternatif pengembangannya. Perkuliahan
dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas media pembelajaran seperti software
computer dan peralatan laboratorium, dengan metode ceramah, diskusi. Pemahaman
dan penguasaan mahasiswa diuji melalui tugas terstruktur dan tes tertulis.