SUMMARY

Virtual Class Universitas Siliwangi adalah versi terbaru dari Elearning Universitas Siliwangi, salah satu keunggulan yang terdapat pada vclass adalah hadirnya fitur teleconference yaitu UNSIL Meet

    Available courses

    Mata Kuliah ini merupakan MK Dasar Kependidikan program S1 Kependidikan. Tujuan MK ini adalah meningkatkan wawasan mahasiswa tentang konsep, fungsi, jenis-jenis landasan pendidikan, serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka studi dan praktek pendidikan di sekolah ataupun luar sekolah.

    Mata kuliah ini mencakup wawasan dasar pengelolaan pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan hingga sistem informasi pendidikan. Dalam mata kuliah ini juga mengkaji mengenai pengelolaan kurikulum, peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, biaya pendidikan, fasilitas pendidikan hingga pengelolaan kelas. 

    "Planning is primarily a way of thinking about social and economic problems, planning is oriented predominantly toward the future, is deeply concerned with the relation of goals to collective decisions and strives for comprehensiveness in policy and program.”

    Adapun dalam Mata Kuliah Perencanaan Wilayah bertujuan untuk:

    • Mengetahui dan menganalisis kondisi saat ini,
    • Meramalkan perkembangan berbagai faktor noncontrollable yang relevan,
    • Memperkirakan faktor pembatas, menetapkan tujuan dan sasaran yang diperkirakan dapat dicapai,
    • Menetapkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut,
    • Menetapkan lokasi dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

    Mata kuliah ini diselenggarakan secara full daring dengan menggunakan sistem pembelajaran Universitas Siliwangi dengan url http://vclass.unsil.ac.id dan menggunakan sistem aplikasi Trello. Untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna, Perkuliahan ini dikemas dalam bentuk microteaching sebagai bentuk praktik nyata mahasiswa calon guru dalam sebuah kelas simulasi dengan menerapkan strategi lesson study dan peer assessment serta dilaksanakan dalam bentuk praktik mengajar yang dilakukan dengan menggunakan teknik self directed – asynchronous yang akan dinilai dan diberi feedback langsung oleh tim dosen dan rekan sejawatnya menggunakan teknik Collaborative Asynchronous.

    Secara lebih spesifik, mata kuliah Pembelajaran Mikro diawali dengan materi terkait karakteristik perkuliahan pembelajaran mikro, teknik pengumpulan tugas, teknik penampilan, teknik penilaian, dan teknis pengisian jurnal lesson study. Materi ini berfungsi memberikan dasar pemahaman terhadap mata kuliah secara keseluruhan.

    Pada topik selanjutnya, mahasiswa akan menampilkan performance nya sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang sudah ditentukan pada materi tertentu yang akan diberikan penilaian dan feedback awal oleh tim dosen. Setelah itu, mahasiswa akan menampilkan kembali performance final dengan KD yang sama namun dengan materi yang berbeda dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan pada performance pertamanya.

    Luaran dari mata kuliah ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan video simulasi praktik pembelajaran.


    Mata kuliah biologi sel mengaji materi tentang struktur dasar sel, ultra struktur sel, kehidupan sel yang mencakup nutrisi pada sel, pernafasan pada sel, sintesa protein, pergerakan dan pembelahan sel, diferensiasi sel, dediferensiasi dan populasi, sel menua, kematian dan umur sel, umur makhluk hidup dan regenerasi. Perkuliahan dilaksanakan secara daring selama 14 kali pertemuan, sebagai bahan evaluasi sebelum perkuliahan dilaksanakan pretes dan setelah perkuliahan dilaksanakan postest pada flatform Vclass/Moodle. Untuk mengevaluasi materi pada setiap pertemuan diakhir pembelajaran diberikan kuis.


    Mata kuliah ini diselenggarakan secara full daring dengan menggunakan sistem pembelajaran Universitas Siliwangi dengan url http://vclass.unsil.ac.id dan menggunakan sistem aplikasi Trello. Untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermaknaPerkuliahan ini dikemas dalam bentuk microteaching sebagai bentuk praktik nyata mahasiswa calon guru dalam sebuah kelas simulasi dengan menerapkan strategi lesson study dan peer assessment serta dilaksanakan dalam bentuk praktik mengajar yang dilakukan dengan menggunakan teknik self directed – asynchronous yang akan dinilai dan diberi feedback langsung oleh tim dosen dan rekan sejawatnya menggunakan teknik Collaborative Asynchronous.

    Secara lebih spesifik, mata kuliah Pembelajaran Mikro diawali dengan materi terkait karakteristik perkuliahan pembelajaran mikro, teknik pengumpulan tugas, teknik penampilan, teknik penilaian, dan teknis pengisian jurnal lesson study. Materi ini berfungsi memberikan dasar pemahaman terhadap mata kuliah secara keseluruhan.

    Pada topik selanjutnya, mahasiswa akan menampilkan performance nya sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang sudah ditentukan pada materi tertentu yang akan diberikan penilaian dan feedback awal oleh tim dosen. Setelah itu, mahasiswa akan menampilkan kembali performance final dengan KD yang sama namun dengan materi yang berbeda dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan pada performance pertamanya.

    Luaran dari mata kuliah ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan video simulasi praktik pembelajaran.

    This course is an introduction to speech communication which emphasizes the practical skill of public speaking, including techniques to lessen speaker anxiety, and the use of visual aids to enhance speaker presentations. Civility and ethical speech-making are the foundations of this course. Its goal is to prepare students for success in typical public speaking situations and to provide them with the basic principles of organization and research needed for effective speeches.

    Students will learn the skills and strategies necessary to prepare and deliver ceremonial, informative, and persuasive speeches. Special consideration is given to adapting communication styles and content to diverse speakers and audiences. This course emphasizes how to compose meaningful and coherent messages; conduct responsible research on appropriate topics; and how to argue, develop, and polish effective presentation skills. During the course, you will be asked to stand before a group and deliver information, argue a position, present an award, introduce a guest speaker, or honor a special event. It is important that you command the audience’s attention and present yourself as a competent and credible speaker. In this course, you will be asked to present four speeches. The goal is for you to gain more confidence in communicating in public contexts.


    The concept of sociolinguistic competence has been widely echoed and explicitly written in the document of the Indonesian EFL curriculum. However, the promoting and strengthening sociolinguistic competence may have not run as it was supposed to (e.g., enabling students to enhance their sociolinguistic competence). Consequently, the Indonesian EFL students tend to have well-built grammatical & lexical competence compared to sociolinguistic one. As such, this course aims to provide students with a holistic framework of sociolinguistics related to the notions of language and society. It presents a coherent overview of the field of sociolinguistics for second/foreign language teachers, primarily on sociolinguistic issues such as language teachers’ interests and its pedagogical implications on sociolinguistic teaching and research. It emphasises on variation at all levels of language and how such variation constructs and is constructed by identity and culture. Also, it aims to broaden the students’ understanding of how second/foreign language teaching and learning are related to other significant factors including societal, political, cultural, psychological and interpersonal issues. Eventually, it is expected to be a valuable insight for students interested in exploring the relationship between the social context of language learning and success in learning a second or foreign language.


    Mata kuliah ini adalah salah satu Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKKU) wajib yang berorientasi pada penguasaan bidang studi fisika, khususnya fisika sekolah. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi pembelajaran fisika di sekolah berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang relevan dengan tuntutan Standar Isi, mendiagnosa kesalahan konsep, sekaligus mampu merancang pembelajaran saintifik yang relevan dengan tuntutan Kurikulum 2013 dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan penguatan literasi dalam pembelajaran di sekolah. Pada perkuliahan ini dibahas struktur materi, keluasan, dan kedalaman materi, konsep essensial, dan urutan penyampaian materi fisika di sekolah sesuai dengan KI dan KD mata pelajaran fisika di kelas X.
    Aplikasi komputer adalah matakuliah yang membekali mahasiswa untuk bisa menggunakan perangkat lunak dalam membantu proses pembelajaran dan penelitian. Materi perkuliahan meliputi software microsoft excel untuk animasi, swishmax, spss, google science journal. Perkuliahan ini disampaikan melalui metode tanya jawab, diskusi, dan praktikum serta kelas berbantuan learning management system (LMS). Penilaian melalui penilaian unjuk kerja

    Laboratorium Fisika Sekolah I merupakan mata kuliah wajib dan menjadi dasar dari aspek pemahaman pedagogis materi ajar fisika di sekolah, yang membekali mahasiswa tentang pengembangan Laboratorium Fisika di Sekolah. Komponen Laboratorium dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu: kelompok pengelola sebagai sumber daya manusia, dan kelompok yang dikelola diantaranya; bangunan, fasilitas, alat-alat dan bahan habis pakai di Laboratorium. Dalam perkulian ini dibahas bagaimana pelaksanaan dalam pengadministrasian, perawatan, pengamanan, perencanaan untuk pengembangan Laboratorium secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuannya, yang berorientasi pada faktor-faktor keselamatan yang terlibat di dalam Laboratorium dan lingkungannya. Perkuliahan ini juga membahas kondisi Laboratorium Fisika yang ada di sekolah sekarang, beserta alternatif pengembangannya. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas media pembelajaran seperti software computer dan peralatan laboratorium, dengan metode ceramah, diskusi. Pemahaman dan penguasaan mahasiswa diuji melalui tugas terstruktur dan tes tertulis.

    Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKKU). Kompetensi yang diharapkan adalah mahasiswa dapat memiliki pemahaman terhadap hubungan antara prilaku sistem partikel penyusun suatu zat secara mikroskopik dengan akibat yang ditimbulkannya pada skala makroskopik, serta memiliki kemampuan dalam menelaah sifat-sifat zat tersebut. Prasyarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti perkuliahan ini adalah mahasiswa harus sudah mengikuti matakuliah Matfis I, II, Fisika Modern, Mekanika dan Termodinamika. Materi perkuliahan meliputi: karakteristik sistem makroskopik, konsep dasar probabilitas, deskripsi statistik sistem partikel, interaksi termal, statistik Maxwell-Boltzmann, Bose-Einstein, Fermi-Dirac dan aplikasinya.

    Fisika Lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek fisis dan matematis yang berhubungan dengan konsep-konsep mengenai teori lingkungan termasuk sistem ekologi dan dampak pencemaran terhadap keseimbangan lingkungan yang di akibatkan oleh alam maupun perbuatan manusia. Setelah mengikuti matakuliah fisika lingkungan, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena lingkungan ditinjau dari konsep dan hukum fisika serta memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan. Materi perkuliahan meliputi lingkungan manusia, polusi suara, atmosfer dan radiasi, air, angin, fisika tanah, dan energi untuk kehidupan. Perkuliahan ini disampaikan melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan simulasi. Penilaian melalui tes dan non tes.

    Mata Kuliah Teori Ring (tering) merupakan mata kuliah pilihan, yang materinya merupkan lanjutan dari mater Teori Grup. Literatur atau referensi yang digunakan pada Matkul Teori Grup dapat digunakan lagi pada Matkul Teori Ring. Secara garis besar, materi yang akan dibahas pada Mata Kuliah Teori Ring meliputi: Ring/Gelanggang, Sifat-Sifat Ring/Gelanggang, Tipe-Tipe/Jenis Ring/Gelanggang, Karakteristik Ring/Gelanggang, Sub-Ring (Ring Bagian), Ideal dan Ring Faktor/Ring Kelas Residu (Quotient Ring), Daerah Integral (Integral Domain), Sub-Daerah Integral dan Daerah Integral Terurut, Homomorpisme Ring.


    Mata kuliah Web Based Learning membahas pemanfaatan halaman web untuk pembelajaran melalui teknologi internet maupun jaringan lokal. Topik dikembangkan pada tema CBT (Computer Based Learning), CBI (Computer Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning System), LCC (Learner-Centered Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training)

    Mengetahui apa itu Bilangan Kompleks, dan Operasi-Operasi Dasar pada Bilangan Kompleks.

    Mata Kuliah Statistika Inferensial

    Mata Kuliah ini merupakan MK wajib konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat. Tujuan MK ini adalah mahasiswa mampu memahami konsep evaluasi pemberdayaan masyarakat, mampu mendesain, menganalisis data hasil evaluasi dan menyusun laporan hasil evaluasi program pemberdayaan masyarakat.

    Mata Kuliah Konsep Dasar Penmas ini adalah Materi dasar tentang pengertian, falsafah, teori dan lain sebagai nya tentang Pendidikan Luar Sekolah, pendidikan nonformal dan informal dan pendidikan masyarakat yang  merupakan landasan dasar keilmuan dan wajib diikuti oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat.

    Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik merupakan MK dasar kependidikan pada program S1 kependidikan. Diharapkan setelah mengikuti MK ini mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, factor-factor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.


    Mata kuliah Pengorganisasian Sosial ini adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh mahasiswa sebagai Mata Kuliah Keahlian (Konsentrasi) Pemberdayaan. diharapkan mahasiswa mampu memahami, menganalisis dan mengkreasikan penitngnya peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa harus mampu untuk mengorganisasi dan mengembangkan masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan


    Mata Kuliah Manajemen Transportasi merupakan salah satu mata kuliah pilihan, yang diangkat sesuai dengan variabel yang berkaitan dengan mata kuliah Geografi Desa Kota, Geografi Penduduk, Geografi Pembangunan, dan Geografi Wilayah. 

    Mata Kuliah Metode Penelitian merupakan mata kuliah yang meletakkan dasar dasar penelitian ilmiah yang akan dilakukan oleh seorang mahasiswa, terutama dalam rangka penyelesaian studi. Mata kuliah ini memberikan wawasan ilmiah tentang penelitian, perumusan masalah, metode penelitian ilmiah, bagaimana mendeskripsikan dan menganalisis suatu penelitian ilmiah.

    Mata kuliah ini berisi kajian tentang lingkup antropologi, hakikat manusia sebagai makhluk Tuhan, makhluk sosial dan makhluk budaya yang keberadaannya beragam, mengalami perubahan, saling mempengaruhi dengan lingkungan fisik.

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai Definisi Ekonomi Rekayasa/Teknik, definisi proyek, tahahan studi kelayakan proyek. Untuk itu mahasiswa dibekali dengan tahapan peleksananan proyek, mulai desk studi, feasibility studi dan penekanannya dalam ekonomi analisis dengan berbagai metode.

    Mata kuliah analisis struktur dengan matriks membahas teori matriks, sistem persamaan simultan linier, pemodelan sistem struktur, metode fleksibilitas dan kekakuan serta perakitan dan penyimpanan matriks kekakuan struktur


    Dasar-Dasar Pemetaan adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan, prinsip-prinsip dasar serta aplikasi ilmu ukur tanah (pengukuran), topografi, peta dasar, peta tematik, menghitung perubahan koordinat, menentukan arah dan posisi serta luas daerah untuk keperluan pengukuran di bidang teknik sipil.

    Statistika dan Probabilitas membahas aplikasi Statistika di Bidang Teknik Sipil baik bidang keairan, Transportasi, Pengujian Beton dll

    Manajemen Konstruksi adalah ilmu yang mempelajari tentang manajemen dan konstruksi. Manajemen adalah seni untuk mengatur atau mendayagunakan sumber-sumber daya yang dimiliki antara lain : man, money, material dan method dikenal 4 M untuk mencapai tujuan pembangunan, rehabilitasi dan pembangunan kembali yang berwujud fisik. Tujuannya yang akan dicapai harus menenuhi value for money sehingga tepat biaya, tepat mutu, tepat waktu, tepat lokasi dan tepat penyedia yang melaksanakannya.

    Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

    Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dan lainnya 

    Ekonomi mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagianbagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilaku konsumen, perilaku produsen, harga, dll

    Matakuliah ini mempelajari tentang konsep ekonomi pertanian, ekonomi pertanian Indonesia, persoalan-persoalan ekonomi pertanian,faktor kelembagaan dalam ekonomi pertanian, prinsip-prinsip ekonomi dalam usahatani, modal, tanah dan tenaga kerja dalam produksi pertanian, permintaan dan penawaran terhadap hasil-hasil produksi pertanian, tata niaga pertanian, pasar dan kebijaksanaan tataniaga, peranan pemerintah dalam pembangunan pertanian.

    Virtual Class PEP merupakan fasilitas pembelajaran daring bagi peserta mata kuliah ini sebagai pelengkap dan atau pengganti kegiatan tatap muka di kelas, peserta mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri (baik secara individu maupun berkelompok) secara daring yang difasilitasi oleh dosen. Aktivitas pembelajaran daring yang dimaksud meliputi antara lain:

    • Mengunduh dan mempelajari bahan ajar secara mandiri sebelum tatap muka dilaksanakan
    • Diskusi dalam forum daring
    • Mengerjakan Quiz secara daring
    • Mengunggah tugas dan atau praktikum



    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanior yang sesuai dengan bidang keahliannya;

    2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

    3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

    4. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritikk seni,

    5. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

    6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

    7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan  kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

    8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

     

     

     

    1. Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;

    2. Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis;

    3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;

    4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi;

    5. Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya

    6. Mampu mengaplikasikan teori-teori kebahasaan dalam berbahasa lisan atau tulis dan analisis kebahasaannya untuk kepentingan pembelajaran bahasa Indonesia

    7. Mampu mengaplikasikan teori-teori kesastraan dalam bersastra dan analisis kesastraannya untuk kepentingan pembelajaran bahasa Indonesia

    8. Mampu mengaplikasikan teori-teori keterampilan berbahasa dan bersastra serta analisisnya untuk kepentingan pembelajaran bahasa Indonesia

    9. Mampu mengaplikasikan teori-teori pedagogi, psikologi, sosiologi untuk kepentingan pembelajaran bahasa Indonesia

    10. Mampu menyusun silabus   pembelajaran Bahasa Indonesia

    11. Mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (menetapkan Kompetensi Dasar, merumuskan indikator, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran)

    12. Mampu melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

    13. Mampu menerapkan teori-teori penelitian pendidikan dalam penelitian pembelajaran bahasa Indonesia

    14. Mampu berkreasi  dalam bidang jurnalistik

    15. Mampu merancang sebuah  penerbitan produk dalam bidang jurnalistik

    16. Mampu berekspresi dalam bidang sastra

    17. Mampu berkreasi dalam bidang sastra

    Mampu merancang sebuah pergelaran ekspresi sastra


    Produksi Tanaman Sistem Ganda (Protan Sistem Ganda) Mata kuliah ini mencakup pembelajaran tugas dan fungsi Produksi sistem tanaman ganda, mempelajari hubungan dan kompetensi antar tanaman sejenis maupun lain jenis, untuk memaksimalkan dan intensifikasi dalam dimensi waktu dan ruang. Sehingga hasil sisa kompetisi berupa fotosintat akan digunakan untuk kepentingan hidup manusia dan mahluk lain di muka bumi ini.


    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Pendidikan Agma Islam


    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Pendidikan Agma Islam


    Matakuliah ini membahas secara komprehensif mengenai konsep-konsep penting Ilmu Ekonomi Makro pada tingkatan lanjut (intermediate); memecahkan masalah/problem ekonomi makro, memahami kebijakan pemerintah yang diterapkan dalam perekonomian, khususnya kebijakan ekonomi makro; memahami posisi ekonomi makro dalam kerangka ekonomi syariah (ekonomi normatif).


    Manajemen Risiko dan Asuransi membahas mengenai Ruang Lingkup Manajemen Risiko dan Asuransi, Pengertian Risiko, Manajemen Risiko, Fungsi Manajemen Risiko, Prinsip-prinsip Pengidentifikasian Risiko, Daftar Kerugian Potensial, Prinsip-prinsip Pengukuran Risiko, dan Penanggulangan Risiko. Asuransi: Dampak Asuransi Terhadap Kehitupan Sosial Ekonomi, Beberapa Prinsip Dasar Dalam Asuransi, Pengelolaan Bisnis Asuransi, Premi Asuransi, Asuransi Terhadap Kerugian Tidak Langsung, Asuransi Kebakaran, Asuransi Kendaraan Bermotor, dan Asuransi Transportasi.


    Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang manajemen keuangan yang berfokus pada penggunaan dana untuk investasi jangka pendek, dan juga memberikan pemahaman mengenai konsep time value of money dalam penilaian kelayakan investasi.


    Akuntansi Biaya  membahas konsep, pemanfaatan, dan perekayasaan informasi biaya untuk penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Membahas metode pengumpulan biaya produksi bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik untuk menentukan harga pokok pesanan dan metode harga pokok proses. Matakuliah ini berusaha menghubungkan dengan matakuliah lain seperti Dasar-dasar Akuntansi, Manajemen Biaya, dan Akuntansi Manajemen.


    Akuntansi Biaya II membahas konsep, pemanfaatan, dan perekayasaan informasi biaya untuk penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Membahas metode Harga pokok standar (standard costing), Harga pokok variabel (variable costing), Analisis titik pulang pokok (break even point analysis), Analisis biaya, volume dan laba (cost-volume-profit analysis), Analisis laba kotor (gross profit analisis), Alokasi biaya pemasaran (marketing cost alocation). Matakuliah ini berusaha menghubungkan dengan matakuliah lain seperti Dasar-dasar Akuntansi, Manajemen Biaya, dan Akuntansi Manajemen.


    Teori Portfolio dan Analisis Investasi  membahas mengenai manajemen portfolio khususnya investasi dalam aktiva keuangan (financial assets), yang terdiri dari pengertian investasi, pengertian dan instrumen pasar modal, gambaran umum pasar modal di Indonesia, konsep penting dalam investasi, return yang diharapkan dan risiko portfolio, penilaian obligasi, strategi investasi obligasi, penilaian saham, strategi portfolio saham, efisiensi pasar, analisis sekuritas, sekuritas derivatif, pemilihan portfolio, model-model keseimbangan, dan evaluasi kinerja portfolio


    Mata kuliah ini merupakan salah satu kajian peminatan dari Program Studi Ekonomi Syariah. Dalam matakuliah ini membahas hokum zakat di Indonesia, regulasi zakat di Indonesia, hukum wakaf, dan regulasi wakaf di Indonesia

    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Bahasa Arab Ekonomi Islam


    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Bahasa Arab Ekonomi Islam

     


    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Bahasa Arab Ekonomi Islam


    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Bahasa Arab Ekonomi Islam


    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Pendidikan Agma Islam



    Asslamualaikum Wr. Wb.
    Selamat datang dan selamat bergabung di kelas virtual Pendidikan Agma Islam

    Mata Kuliah Geografi Penduduk dalam Pembangunan merupakan mata kuliah yang menggabungkan aspek penduduk dalam aktivitas pembangunan. Aspek Penduduk memiliki variabel utama yaitu variabel utama kependudukan, pergerakan penduduk, dinamika data penduduk. Aspek Pembangunan merupakan aspek aktivitas penduduk dalam ruang di permukaan bumi, yang menunjukkan bahwa penduduk merupakan aspek dominan dalam kegiatan pembangunan dalam suatu wilayah. 

    Mata Kuliah Geografi Wilayah Lanjut merupakan mata kuliah yang meneruskan dari mata kuliah Perencanaan Wilayah.

    Mata kuliah Kepemimpinan Bisnis memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang definisi, ruang lingkup dan teori kepemimpinan, berperilaku sebagai pemimpin bisnis, pembentuk kepemimpinan, motivasi dalam kepemimpinan, pengenalan diri, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, nilai-nilai universal kepemimpinan bisnis dan pemimpin bisnis yang kreatif.

    Analisis Investasi  dan Manajemen Risiko membahas mengenai analisis investasi  khususnya investasi dalam aktiva keuangan (financial assets), yang terdiri dari pengertian investasi, pengertian manajemen risiko, pengertian dan instrumen pasar modal, gambaran umum pasar modal di Indonesia, konsep penting dalam investasi, return yang diharapkan dan risiko portfolio, penilaian obligasi, strategi investasi obligasi, penilaian saham, strategi portfolio saham, efisiensi pasar, analisis sekuritas, sekuritas derivatif, pemilihan portfolio, model-model keseimbangan, dan evaluasi kinerja portfolio


    Nature of Human Resource Management

    • Human Resource (HR) Management

    The design of formal systems in an organization to ensure effective and efficient use of human talent to accomplish organizational goals.

    • Who Is an HR Manager?

    In the course carrying out their duties, every operating manager is, in essence, an HR manager.

    HR specialists design processes and systems that operating managers help implement.


    Mata kuliah ini membahas Pengertian MSDM, Tujuan-tujuan MSDM, Fungsi-fungsi MSDM, Analisis dan Desain Jabatan, perencanaan SDM, Rekrutmen, Seleksi, Orientasi dan Penempatan, Pelatihan dan Pengembangan, Perencanaan Karir, Penilaian Kinerja, Kompensasi Finansial Langsung, Tunjangan dan Imbalan Nonfinansial, Tunjangan dan Imbalan Nonfinansial, Serikat Pekerja dan Hubungan Industrial, serta Audit SDM.

    Sistem Informasi Manajemen membahas mengenai: Komputer sebagai sistem informasi organisasi, Motodologi sistem, Komputer sebagai peralatan pemecahan masalah, Sistem informasi berbasis komputer, dan Sistem informasi organisasi.


    Memberikan pengetahuan mengenai bisnis internasional dalam arti yang luas dan perdagangan international yang bersifat spesifik. Perdagangan international lebih memfokuskan pada kegiatan ekspor dan impor.  Matakuliah juga membahas sistem moneter internasioanl dan sistem pembayaran yang digunakan untuk transaksi ekspor impor. Selain itu juga membahas riset dan analsiis kinerja pada perdagangan international. 

    Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasannya terkait kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat khususnya bidang bioteknologi pertanian untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia serta peduli pada keamanan lingkungan dalam abad ke-21.  Materi yang dibahas dalam kuliah Pengantar Bioteknologi Pertanian meliputi Sejarah Singkat dan Pengertian Dasar, Struktur dan Komponen Sel, Struktur dan Organisasi Bahan Genetik, Replikasi DNA dan Ekspresi Genetik, Teknologi DNA Rekombinan, Bioteknologi Pupuk Hayati, Teknik Kultur In-Vitro Tanaman, Rekayasa Genetik pada Tanaman Tingkat Tinggi, dan Bioteknologi Perlindungan Tanaman.

    Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika memberikan bekal kepada mahasiswa untuk melaksanakan asesmen, pengukuran dan evaluasi pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan khususnya dalam pembelajaran matematika di sekolah yang mengacu kepada Kurikulum Tahun 2013. Materinya meliputi: kajian teori yang berkaitan dengan menyusun instrumen, membuat kisi-kisi, menyusun instrumen, menguji kelayakan instrumen, menganalisis dan mendeskripsikan hasil uji kelayakan, dan mengimplementasikannya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dipersiapkan pula menyusun instrumen penelitian untuk tugas akhir/tesis yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

    Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai pengembangan penelitian pendidikan yang bermutu dimulai dari persepektif metodologi penelitian, isu-isu penelitian pendidikan matematika, macam-macam penelitian pendidikan, metode penelitian, analisis data penelitian, dan penyusunan proposal penelitian

    Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah bagi Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika di Semester 3 Tahun Akademik 2019/2020.
    Perkuliahan ini menekankan kepada penggunaan teknologi tepat guna oleh mahasiswa dalam pembelajaran matematika.

    Analisis real merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang membahas mengenai himpunan bilangan riil dan fungsi-fungsi dalam bilangan riil. Analisis riil dapat dianggap sebagai kalkulus yang mendalam, sebab didalam materinya membahas lebih dalam mengenai konsep barisan dan limit, kekontinuan, turunan, integral, dan barisan dari fungsi-fungsi. Adapun materi - materi yang akan disampaikan pada matakuliah ini adalah: induksi matematika, sifat - sifat aljabar dari R, sifat - sifat terurut dari R, nilai mutlak, supremum dan infimum, interval, barisan dan limit, teorema - teorema limit, barisan monoton, sub barisan dan teorema bolzano weiestrass, kriteria cauchy, barisan divergen, dan barisan tak berhingga (infinit). Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu untuk membuktikan secara deduksi maupun induksi, melatih penalaran, berpikir struktur dan raional deduktif pada teorema - teorema dan aplikasinya.

    Mata kuliah ini mempelajari mengenai seni dan keterampilan mengolah bahan makanan yang dimulai dari memilih bahan makanan, mempersiapkan bahan makanan, memasak bahan makanan yang telah dipersiapkan dan menyajikan makanan serta kandungan gizi untuk masakan Indonesia.